Speak Up Hour (English for Flagship)
Di era globalisasi ini, penguasaan bahasa Inggris telah menjadi keterampilan yang tidak hanya diinginkan, tetapi juga sangat diperlukan. Sebagai bahasa internasional, bahasa Inggris membuka pintu kesempatan yang luas bagi para pelajar Indonesia, baik dalam pendidikan lanjutan maupun karir masa depan mereka. Namun, realitasnya masih banyak siswa Indonesia yang mengalami kesulitan dalam menguasai bahasa Inggris, terutama dalam hal berbicara (speaking). Metode pembelajaran konvensional yang berfokus pada tata bahasa dan membaca seringkali gagal mengembangkan kemampuan komunikasi aktif siswa. Akibatnya, meskipun telah belajar bahasa Inggris selama bertahun-tahun, banyak lulusan sekolah yang masih merasa tidak percaya diri untuk berkomunikasi dalam bahasa Inggris. Menyadari tantangan ini, banyak sekolah di Indonesia telah membuat program unggulan bahasa Inggris. Inisiatif ini patut diapresiasi, namun seringkali sekolah menghadapi kendala dalam pelaksanaannya, seperti keterbatasan sumber daya pengajar yang berkualitas dan metode pembelajaran yang kurang efektif. Di sinilah LiTalk Institute hadir dengan program unggulannya, “Speak Up Hour”, untuk menjembatani kesenjangan tersebut. Program ini dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan sekolah-sekolah dengan program unggulan bahasa Inggris. “Speak Up Hour” menggabungkan filosofi LiTalk yang inovatif -pembelajaran yang ‘lit’ (menyala, menyenangkan, dan kaya literatur)- dengan fokus khusus pada pengembangan keterampilan berbicara, dikemas dalam bentuk permainan interaktif, bermain peran, dan metode pembelajaran menarik lainnya. Sesuai dengan semangat LiTalk, setiap sesi “Speak Up Hour” dirancang untuk menjadi pengalaman yang ‘lit’ – menyenangkan, menginspirasi, dan memberdayakan. Yang membedakan “Speak Up Hour” adalah pendekatan holistik terhadap pembelajaran bahasa. Selain pembelajaran di kelas, program ini juga menyediakan kesempatan berharga bagi siswa untuk berinteraksi langsung dengan penutur asli bahasa Inggris dan foreigners di akhir semester. Pengalaman ini tidak hanya meningkatkan kemampuan bahasa siswa, tetapi juga membuka wawasan mereka terhadap budaya dan perspektif global. Untuk memastikan efektivitas program, “Speak Up Hour” melakukan pre-test dan post-test yang memungkinkan pemantauan kemajuan siswa secara objektif. Hasil ini tidak hanya bermanfaat bagi siswa dan orang tua, tetapi juga memberikan data konkret bagi sekolah untuk mengevaluasi keberhasilan program unggulan mereka. Dengan mengadopsi program “Speak Up Hour” dari LiTalk, sekolah-sekolah dapat meningkatkan kualitas program unggulan bahasa Inggris mereka, memberikan nilai tambah yang signifikan kepada siswa, dan pada akhirnya meningkatkan daya saing lulusan mereka di kancah nasional maupun internasional. Melalui kerjasama ini, LiTalk berkomitmen untuk membantu sekolah-sekolah di Indonesia dalam mewujudkan visi mereka untuk menciptakan generasi muda yang fasih berbahasa Inggris, percaya diri dalam berkomunikasi, dan siap menghadapi tantangan global.
Pembelajaran di Kelas
Kegiatan ini dimulai dengan pre-test untuk mengetahui kemampuan siswa. Kegiatan pembelajaran di kelas dikemas secara menarik melalui games, role-play, dan project. Adapun topik pembelajaran disesuaikan dengan kebutuhan siswa serta berdasarkan kesepakatan dengan sekolah baik untuk berkomunikasi dalam kegiatan sehari-hari maupun untuk tujuan khusus. Selanjutnya, pada setiap akhir semester, akan diadakan post-test untuk mengetahui perkembangan bahasa Inggris siswa selama satu semester.
Talking to Foreigners
Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan kesempatan pada peserta untuk bertatap muka dengan penutur asli bahasa Inggris (native speaker) atau dengan orang asing (foreigners). Peserta diharapkan memiliki keberanian untuk berkomunikasi langsung dengan foreigners menggunakan bahasa Inggris. Tak hanya itu, eksposur terhadap kebudayaan baru dapat meningkatkan cross culture understanding peserta sebagai anggota masyarakat global di abad ke-21.
Post-test
Post-test diadakan pada pertemuan terakhir semester satu. Post-test digunakan untuk mengetahui perkembangan keterampilan berkomunikasi dan berbicara (speaking) peserta. Hasil dari post-test ini akan dikomparasikan dengan hasil pre-test dan asesmen formatif sehari-hari peserta. Selain itu, hasil dari post-test juga akan dijadikan acuan untuk memperbaiki pembelajaran di semester berikutnya.
Closing Project
Closing project merupakan suatu bentuk perayaan, unjuk karya, dan apresiasi peserta terhadap kerja kerasnya setelah melakukan pembelajaran selama dua semester. Acara ini diadakan pada pertemuan terakhir pada semester kedua. Pada acara ini, seluruh peserta akan tampil dengan berbagai performance yang telah mereka pilih. Penampilan ini akan dinilai dan dijadikan sebagai asesmen sumatif pembelajaran.
Biaya
Setiap peserta “English for Flagship” dikenakan biaya sebesar Rp. 10.000 untuk setiap pertemuan dengan jumlah minimum peserta adalah 100 peserta dan 20 kali pertemuan. Misalnya, jika jumlah pertemuan yang dikehendaki adalah 80 kali pertemuan dalam satu tahun, maka setiap peserta dikenakan biaya Rp. 800.000. Pembayaran bisa dilakukan 50% di awal semester pertama dan 50% di semester kedua.
Benefit
Dalam kegiatan “English for Flagship”, peserta akan mendapatkan fasilitas sebagai berikut:
- 1 kelas 1 tentor profesional yang kompeten dan berpengalaman dalam pengajaran bahasa Inggris
- Pembelajaran bahasa Inggris yang menarik melalui games, role-play, dan project
- Silabus pembelajaran setiap semester
- Modul pembelajaran untuk setiap siswa disetiap semester yang disesuaikan dengan kultur sekolah
- Setiap siswa akan mendapatkan soal-soal pre-test dan post-test
- Free konsultasi mengenai bahasa Inggris di luar program
- Learning from native or foreigners (siswa akan diberi kesempatan untuk belajar dan berbicara langsung dengan native English pada project “Talking to Foreigners”)
- Setiap siswa mendapatkan e-sertifikat di akhir program.
COURSE TUTORS
Joining Over 200 Students Enjoying LiTalk Education now
Become Part of LiTalk for better future.